Geografi dan demografi Jawa Barat : CROXYPROXY
Geografi dan demografi Jawa Barat : CROXYPROXY

Geografi dan demografi Jawa Barat : CROXYPROXY

Provinsi Jawa Barat yang terkenal dengan keistimewaan turis Indonesia

Provinsi Jawa Barat tentunya  memiliki  kota di Bandungu yang memiliki daya tarik yang luar biasa. Apalagi dengan segala keunikan yang dimilikinya, tentunya tempat ini juga banyak menarik perhatian. Termasuk mengunjungi tempat-tempat wisata di daerah tersebut, karena banyak sekali tempat untuk dikunjungi dan memberikan kesan tersendiri, yang tentunya bisa anda nikmati.

Hingga saat ini, kawasan ini memiliki keunikan tersendiri hingga dikenal di berbagai daerah lainnya. Sejak zaman penjajahan, Jawa Barat memiliki kisah perjuangan tersendiri untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Karena itu, namanya sering dibahas, terutama dalam diskusi tentang sejarah.

Meskipun pada tahun 1949 negara Pasundan menjadi bagian dari NIS atau Amerika Serikat Indonesia. Namun, setahun kemudian, provinsi Jawa Barat bergabung kembali dengan negara Indonesia  dan melanjutkan upayanya untuk mengembangkan kedaulatan negara. Perjuangan adalah  latar belakang konfirmasi kisah sejarah  situs tersebut.

Banyak keunikan  wilayah Jawa  Barat  yang bisa diketahui sebelum mereka tiba di sana. Tentunya fakta ini akan menjadi hal yang menarik nantinya ketika anda menikmati sendiri suasana dan perasaan di daerah tersebut. Tidak ada salahnya untuk mengenal berbagai budaya  di Indonesia lebih dalam, termasuk tentu saja Jawa Barat.

Geografi dan demografi Jawa Barat

Secara grafis,  daerah ini memang merupakan   provinsi paling barat di pulau  Jawa, yang darinya kemudian langsung berbatasan dengan Samudera Hindia  ,  serta  Laut Jawa.    Di wilayah ini, ada banyak sungai yang mengalir dengan airnya ke Laut Jawa dan kombinasi dataran rendah di utara, sedangkan pusatnya adalah bagian dari Gunung Ceremai. Jadi, ada banyak situs menarik di daerah ini.

Salah satu hal yang menarik di provinsi ini adalah karakteristik kontras dari dua identitas, yaitu orang-orang modern yang tinggal di daerah Jabodetabek, serta Bandung Raya. Sementara itu, masih ada orang di pedesaan, tentu saja, dengan adat istiadat Sundane yang padat, yang masih sangat terasa di sana.

Jadi ketika Anda sampai di sana, Anda bahkan dapat merasakan kehidupan yang berbeda jika Anda berada di tempat yang berlawanan. Hal ini sangat menarik, karena wisatawan juga bisa memilih untuk menikmati suasana yang seharusnya memberikan perasaan dan kenyamanan tentunya di provinsi ini.

Kebanyakan orang dari provinsi Jawa Barat menggunakan bahasa Sunda untuk komunikasi sehari-hari, meskipun dengan dialek khas dari beberapa daerah. Bahkan kini, penggunaan bahasa daerah kembali digalakkan, sehingga beberapa televisi dan radio lokal telah menggunakannya untuk memperkenalkannya kepada masyarakat modern yang lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di sana, termasuk mengunjungi Bandung sebagai pusat fashion Indonesia. Selain itu, kawasan ini disebut sebagai Paris van Java, sehingga pecinta fashion juga bisa menikmati waktu di sana. Namun bagi yang ingin menikmati suasana yang berbeda, datang saja ke daerah pedesaan dengan suasana yang tenang juga menyejukkan sebagai tempat berwisata dan bersantai.

Kuliner wajib di Jawa Barat

Makanan selalu menjadi pelengkap ketika membahas suatu daerah. Untuk  provinsi paling barat di pulau  Jawa ini, tentunya memiliki banyak makanan khas yang juga terkenal di daerah lain,  sehingga mudah ditemukan. Namun jika anda mencobanya secara langsung, tentunya rasanya juga akan memiliki keunikan tersendiri, sehingga nantinya anda bisa menikmatinya sambil menghabiskan waktu di daerah tersebut.

Makanan olahan yang terbuat dari sayuran  seperti tauge, tomat, kacang panjang, selada, terong, kol, serta berbagai jenis bahan lainnya,   dicampur. Juga disiram dengan lada kacang, itu adalah hidangan yang sangat akrab di daerah tersebut.   Nama olahannya karedok, pasti pernah anda dengar. Menikmati hidangan olahan ini pastinya enak dan menggoda.

Hidangan menarik lainnya di daerah ini adalah nasi tarik oncom.   Beras ini  diolah secara khusus  bersama dengan beberapa olahan rempah pilihan, termasuk rempah-rempah, untuk  menciptakan beras yang rasanya unik tentunya. Khusus  untuk kuliner  dari  provinsi Jawa Barat yang terbuat dari nasi dan oncom,  di daerah lain jarang, jadi sebaiknya anda datang langsung untuk menikmatinya.

Namun, Anda harus berpengalaman dalam hidangan seblak dengan berbagai topping menarik, seperti kaki, telur, bakso, serta pilihan lainnya.   Bagi Anda yang menyukai rasa pedas,  pastikan untuk tidak ketinggalan mencoba biskuit olahan dengan bumbu ini. Selain itu, keunikannya  terletak pada   kenyataan bahwa  bahan biskuitnya lembut karena direndam dan  kemudian dimasak dengan rempah-rempah, sehingga rasanya unik dan terasa.

Kesenian  khas Provinsi  Jawa Barat   tentu menakjubkan

Budaya adalah hal yang menarik, dan memang  harus terus dilestarikan, dan setiap daerah memiliki kekhasannya masing-masing.    Provinsi  Jawa Barat  dipengaruhi oleh budaya Sunda dan Cirebon. Setelah  itu, banyak  budaya bermunculan di dekatnya,  sehingga membawa banyak   kesenian menarik yang bisa anda nikmati hingga saat ini.

Jaipong   merupakan  tarian  yang dikenal sebagai kesenian yang berasal dari wilayah Jawa Barat. Tari  adalah kombinasi dari tap dance,  ronggeng, gerakan khusus untuk pencak silat. Seni ini adalah daya tarik yang benar-benar luar biasa yang bahkan banyak orang asing ingin pelajari dan kuasai untuk melakukannya   dengan baik.

Selain itu, ada juga kesenian  dari provinsi Jawa Barat, yaitu wayang golek.   Sebagian besar cerita yang diceritakan dalam seni adalah Mahabarata dan Ramayana. Budaya  berkembang dari era leluhur dan dilestarikan hingga hari ini. Meskipun memang pertunjukan mulai jarang, tetapi pada beberapa acara khusus, seperti pernikahan, biasanya masih ditemukan.

Tak hanya itu, selain kesenian, ada juga berbagai kerajinan daerah yang bisa kamu temukan. Misalnya batika khas dari Cirebon, anyaman payung, keramik, hingga anyaman bambu dan masih banyak lagi. Setiap daerah memiliki kerajinan khasnya masing-masing, sehinggakita bisa menjadikannya sebagai oleh-by sebelum kembali ke rumah.

Untuk melihat daerah asal Seblak yang khas

Tentu saja, ada berbagai titik yang membuat  provinsi paling barat di pulau Jawa  memiliki nilai tertentu. Serta keberadaan obsevatorium besar yang disebut Bosscha, dibangun dari zaman Belanda. Tempat ini kemudian ditetapkan sebagai cagar budaya dan masih bisa digunakan untuk mengamati benda langit hingga saat ini.

Keunikan lain dari kawasan ini adalah keberadaan Tsukang Taneuh yang disebut sebagai Green Canyon ala Indonesia. Pemandangan sungai hijau di sana pasti akan memukau semua orang yang datang.  Dilengkapi dengan gua-gua  eksotis dan meningkatkan  keunikan tempat itu.   Hal ini tentu menarik perhatian wisatawan, tentunya terutama wisatawan mancanegara.

Selain itu, ada juga alat musik unik berupa angklung sebagai warisan budaya menurut peraturan UNESCO. Alat musik ini benar-benar sangat unik, karena ukuran yang berbeda akan menghasilkan nada yang berbeda, sehingga beberapa angklung diharuskan bermain untuk menciptakan nama sesuai keinginan. Bahkan ada tempat khusus yang dibangun untuk mengajar dan memperkenalkan alat ini kepada wisatawan.

Jawa Barat benar-benar begitu unik dan menarik untuk dikunjungi. Ini tidak hanya menyimpan tempat wisata dan kuliner, tetapi juga budaya dan keragaman keunikan. Tak heran jika juga sampai ke telinga wisatawan mancanegara. Jadi anda juga harus mencoba datang ke provinsi Jawa  Barat untuk mencari tahu sendiri keunikannya yang berbeda.

Read More :

Leave a Reply

Your email address will not be published.